Minggu, 03 Februari 2013

DASAR SISTEM LINUX

Linux merupakan sistem operasi yang berbasis opensource sehingga kita dapat mengutak utik semua isi yang ada didalamnya .. tergantung dengan kreativitas kita mengolah Sisitem Operasi ini.
Pada sistem operasi linux, terdapat ratusan aplikasi yang ikut terinstal saat anda menginstal sistem operasi ini. Aplikasi tersebut merupakan aplikasi-aplikasi dasar pada sistem operasi linux.
Aplikasi yang terdapat pada linux dapat digolongkan menjadi dua macam yaitu:
1. Basic Linux System (sistem linux dasar)
2. Third-Party Product (produk dari pihak ketiga)
Pada dasarnya linux diciptakan dengan sistem modular. Untuk menyelesaikan beberapa tugas tugas yang kompleks linux menggunakan beberapa modul yang ada di dalamnya. Modul-modul yang mendasar pada linux akan secara otomatis terinstal dan untuk modul-modul yang tidak kita butuhkan sebaiknya di hapus saja agar memberikan ruang kosong yang lebih untuk data.
Linux mempunyai 3 lapisan aplikasi dasar yaitu:
1. Kernel
2. Shell
3. Utility
1. Kernel
Kernel merupakan inti dari sebua sistem linux yang merupakan suatu aplikasi yang mempunayi tugas tertentu. Tugas kernel adalah:
a. Mengendalikan akses terhadap komputer
b. Mengatur memory komputer
c. Memelihara system file
d. Mengalokasikan sumber daya komputer di antara pemakai
Kernel merupakan aplikasi pembantu yang tak tapak oleh penggunanya. Kernel bekerja berdasarkan perintah dari user yang terlebih dahulu di terjemahkan oleh shell
2. Shell
Shell merupakan aplikasi yang penghubung antara pengguna dan komputer. Shell bekerja dengan menerjemahkan perintah dari pengguna sebagai suatu permintaan dan meneruskannya ke kernel ntuk selanjutnya diproses. Shell dapat bekerja secara langsung (interaktif) yaitu penguna mengirimkan perinta misal dengan prompt shell kemudian Shell akan memberi respon, setelah itu shell akan menunggu perintah berikutnnya. Shell juga dapat bekerja secara tidak langsung dengan prosedur atau utilitas tertentu, misal dengan sebuah file text yang di sebut aplikasi shell atu script shell dan kemudian shell akan menjalankan perintah yang terdaat di damnya.
3. Utility
Utility adalah aplikasi pembantu di luar shell untuk melakukan tugas tertentu. misal untuk memanipulasi file, menyunting dokumen, mengirim email, dll
contoh :
Pico –> berfungsi sebagai editor dari file text
Gcc –> merupakan kompiler dari bahasa C

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More