Minggu, 03 Februari 2013

SEJARAH DAN KONSEP SISTEM OPERASI


  • 1. KONSEP & SEJARAH SISTEM OPERASI
  • 2. KONSEP SISTEM OPERASI SEKILAS TENTANG SISTEM KOMPUTER Sistem Komputer pada dasarnya terdiri dari komponen utama yaitu : Hardware atau Perangkat Keras Software yang terdiri dari Sistem Operasi dan Peerangkat Lunak Aplikasi Brainware (User/Sumber Daya Manusia)
  • 3. SISTEM OPERASI Sistem operasi merupakan sebuah penghubung antara pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer. Pengertian sistem operasi secara umum ialah pengelola seluruh sumber-daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan ( system calls ) ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan serta pemanfaatan sumber-daya sistem komputer.
  • 4. JENIS SISTEM OPERASI Sistem operasi dapat dibedakan berdasarkan jumlah pengguna dan program yang dapat dijalankan, juga berdasarkan jenis software, atau jenis hardware yang digunakan. Berdasarkan jumlah pengguna dan program yang dijalankan,sistem operasi dpt dikategorikan dengan : SINGLE USER – SINGLE TASKING MULTI USER – SINGLE TASKING SINGLE USER – MULTI TASKING MULTI USER – MULTI TASKING
  • 5. JENIS SISTEM OPERASI SINGLE USER – SINGLE TASKING Sistem Operasi hanya bisa digunakan oleh satu akun pengguna dan tidak bisa menjalankan banyak program secara bersamaan MULTI USER – SINGLE TASKING Sistem Operasi bisa digunakan oleh lebih dari satu akun pengguna namun tidak bisa menjalankan banyak program secara bersamaan
  • 6. JENIS SISTEM OPERASI SINGLE USER – MULTI TASKING Sistem Operasi hanya bisa digunakan oleh satu akun pengguna namun bisa menjalankan banyak program secara bersamaan MULTI USER – MULTI TASKING Sistem Operasi bisa digunakan oleh lebih dari satu akun pengguna dan bisa menjalankan banyak program secara bersamaan
  • 7. Berdasarkan jumlah pengguna dan program yang dijalankan, sistem operasi dapat dikategorikan dengan: Komputer PC (desktop / laptop) Komputer Server
  • 8. FUNGSI DASAR SISTEM OPERASI Menjembatani hubungan antara hardware dan program aplikasi yang dijalankan user. Mengatur dan mengawasi penggunaan perangkat keras oleh user dan berbagai program aplikasi ( Resource allocator) . Sebagai program pengendali yang bertujuan untuk menghindari kekeliruan (error) dan penggunaan komputer yang tidak perlu (sebagai guardian yang menjaga komputer dari berbagai kemungkinan kerusakan). Manajer sumberdaya hardware, seperti mengatur memori, printer, cdrom, dll.
  • 9. KOMPONEN UTAMA SISTEM OPERASI Sistem operasi modern mempunyai komponen sebagai berikut: Kernel File User Interface
  • 10. KERNEL Kernel merupakan suatu software (kumpulan program) yang membentuk sistem dan memiliki tugas melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses hardware komputer secara aman dan terkendali. Karena akses terhadap hardware terbatas, sedangkan ada lebih dari satu program yang harus dilayani dalam waktu yang bersamaan, maka kernel juga bertugas untuk mengatur agar kapan dan berapa lama suatu program dapat menggunakan satu bagian hardware tersebut. Hal tersebut dinamakan sebagai ”multiplexing”.
  • 11. MACAM-MACAM “KERNEL” ADA 4 KATEGORI KERNEL YAITU : Monolitich kernel . Kernel yang menyediakan abstraksi hardware yang kaya dan powerful. Microkernel . Kernel yang menyediakan hanya sekumpulan kecil abstraksi hardware sederhana, dan menggunakan aplikasi-aplikasi yang disebut sebagai server untuk menyediakan fungsi-fungsi lainnya. Hybrid (modifikasi dari microkernel) . Kernel yang mirip microkernel, tetapi ia juga memasukkan beberapa kode tambahan di kernel agar ia menjadi lebih cepat Exokernel . Kernel yang tidak menyediakan sama sekali abstraksi hardware, tapi ia menyediakan sekumpulan library yang menyediakan fungsi-fungsi akses ke hardware secara langsung atau hampir-hampir langsung.
  • 12. FILE File disini merupakan file-file yang dibentuk atau dijalankan oleh sistem operasi. File disini juga berarti sistem berkas dan file system yang dimiliki oleh suatu sistem operasi.
  • 13. USER INTERFACE Sebuah sistem operasi memiliki karakteristik (bentuk) interface (tampilan) yang menjadi interaksi antar user dengan komputer. Bentuk umum user interface yang ada, adalah: Command Line Interface atau command line interpreter (CLI) CLI memberikan tampilan dalam mode teks ke user, dengan backgroud satu warna dan tampilan teks yang juga satu atau beberapa warna dasar. Graphical User Interface (GUI). GUI memberikan tampilan yang lebih interaktif dan nyaman digunakan oleh user. Resolusi gambar dan jumlah warna yang dihasilkan juga lebih banyak, tergantung kemampuan Video Adapter yang dimiliki komputer.
  • 14. SEJARAH SISTEM OPERASI 1. Sistem Operasi Generasi Awal dan Penting Menurut Sejarah : CTSS (The Compatible TimeShare System, dibuat di MIT oleh Corbato cs) Incompatible Timesharing System (The Incompatible TimeShare System, dibangun di MIT untuk mainframe DEC 10/20) Sistem operasi THE (oleh Dijkstra cs ) Multics (proyek gabungan Bell Labs, GE dan MIT) Master programme, dibangun oleh Leo Computers, Leo III pada tahun 1962
  • 15. 2. Sistem Operasi Berhak Milik Generasi Awal Apple Computer Business Operating System (BOS) Commodore PET, Commodore 64, dan Commodore VIC-20 IBM PC awal (UCSD p-System, CPM-86, PC-DOS) Sinclair Micro dan QS TRS-DOS, ROM OS TI99-4 Flex FLEX9 mini-FLEX
  • 16. 3. Sistem Operasi Berlisensi Acorn Arthur ARX RISC OS RISCiX Amiga AmigaOS Atari ST TOS MultiTOS MiNT Be Incorporated BeOS BeIA Zeta ICT/ICL GEORGE VME DME TME Novell Novell Netware v.1.0, 2.0, 3.0, 3.1, 3.12 Novell Netware v.4.11, 5.0, 5.1, 6.0 Novell SuSE 9.0,9.1,9.2, 9.3
  • 17. IBM IBSYS OS/2 AIX OS/400 DOS/360 DOS/VSE OS/360 MFT MVT SVS MVS TPF ALCS OS/390 z/OS, Unix-like z/VM z/VSE Basic Operating System PC-DOS Digital/Compaq/HP AIS OS-8 ITS (untuk PDP-6 dan PDP-10) TOPS-10 (untuk PDP-10) WAITS TENEX TOPS-20 RSTS/E RSX-11 RT-11 VMS Apple Macintosh Apple DOS A/UX ProDOS GS/OS Mac OS Mac OS X Apple Darwin Microsoft MS-DOS Windows for Workstation / Stand alone Windows 1.0 Windows 2.0 (u/ 80286) Windows 3.0 , 3.1 Windows 95 Windows 98 /98se/98plus Windows ME (Millenium) Windows 2000 Profesional Windows XP (eXPerience) Home Edition&Profesional Windows Vista (Longhorn) Windows "Blackcomb" Windows for Server Windows NT 3.5 Windows NT 4 Windows 2000 Server & Advance Server (NT v5.0) Windows Server 2003 Xenix Windows for PDA Windows for PC Tablet
  • 18. PDA (Personal Digital Assistant) Palm OS Pocket PC EPOC, Symbian OS Windows CE Linux Sharp Zaurus Router IOS MikroTik RouterOS Smartphones Windows CE Linux Symbian OS Microcontroller, Real-Time OS, Embedded Contiki eCos OSEK Nuclues QNX VxWorks ITRON uCLinux TRON OS ThreadX INTEGRITY Montavista Linux OS-9 LynxOS RTOS OS berhak milik lainnya, Unix-like & POSIX-compliant Aegis/OS Cromix Coherent DNIX Digital UNIX HP-UX Idris IRIX Mac OS X Menuet NeXTSTEP OS-9 OS-9/68k OS-9000 OSF/1 OPENSTEP Plan 9 Plan 9, Inferno Rhapshody RiscOS SCO UNIX System V UNIflex Ultrix UniCOS
  • 19. 4. Sistem Operasi Open Source Linux distronya antara lain : Debian Slackware Redhat/Fedora Mandrake/Mandriva Gentoo YellowDog Ubuntu Trustix Knoppix Blank-on Xnuxer, dll. BSD (Berkley Software Development) FreeBSD, OpenBSD, NetBSD, dll. Sun Microsystems Solaris - Unix-like SunOS - Unix-like (menjadi Solaris) Java Desktop System (JDS)
  • 20. Perkembangan Sistem Operasi dan Browser Dari Tahun ke Tahun 1980 QDOS : Tim Paterson dari Seattle Computer menulis QDOS yang dibuat dari OS terkenal pada masa itu, CP/M. QDOS (Quick and Dirty Operating System) dipasarkan oleh Seatle Computer dengan nama 86-DOS karena dirancang untuk prosesor Intel 8086. Microsoft : Bill Gates dari Microsoft membeli lisensi QDOS dan menjualnya ke berbagai perusahaan komputer.
  • 21. Perkembangan Sistem Operasi dan Browser Dari Tahun ke Tahun 1981 PC DOS : IBM meluncurkan PC DOS yang dibeli dari Microsoft untuk komputernya yang berbasis prosesor Intel 8086. MS DOS : Microsoft menggunakan nama MS DOS untuk OS ini jika dijual oleh perusahaan diluar IBM.
  • 22. Perkembangan Sistem Operasi dan Browser Dari Tahun ke Tahun 1983 MS DOS 2.0 : Versi 2.0 dari MS DOS diluncurkan pada komputer PC XT.
  • 23. Perkembangan Sistem Operasi dan Browser Dari Tahun ke Tahun 1984 System 1.0 : Apple meluncurkan Macintosh dengan OS yang diturunkan dari BSD UNIX. System 1.0 merupakan sistem operasi pertama yang telah berbasis grafis dan menggunakan mouse. MS DOS 3.0 : Microsoft meluncurkan MS DOS 3.0 untuk PC AT yang menggunakan chip Intel 80286 dan yang mulai mendukung penggunaan hard disk lebih dari 10 MB. MS DOS 3.1 : Microsoft meluncurkan MS DOS 3.1 yang memberikan dukungan untuk jaringan.
  • 24. Perkembangan Sistem Operasi dan Browser Dari Tahun ke Tahun 1985 MS Windows 1.0 : Microsoft memperkenalkan MS Windows, sistem operasi yang telah menyediakan lingkungan berbasis grafis (GUI) dan kemampuan multitasking. Sayangnya sistem operasi ini sangat buruk performanya dan tidak mampu menyamai kesuksesan Apple. Novell Netware : Novell meluncurkan sistem operasi berbasis jaringan Netware 86 yang dibuat untuk prosesor Intel 8086.
  • 25. Perkembangan Sistem Operasi dan Browser Dari Tahun ke Tahun 1986 MS DOS 3.2 : Microsoft meluncurkan MS DOS 3.2 yang menambahkan dukungan untuk floppy 3.5 inch 720 KB.
  • 26. Perkembangan Sistem Operasi dan Browser Dari Tahun ke Tahun 1987 OS/2 : IBM memperkenalkan OS/2 yang telah berbasis grafis, sebagai calon pengganti IBM PC DOS. MS DOS 3.3 : Microsoft meluncurkan MS DOS 3.3 yang merupakan versi paling populer dari MS DOS. Windows 2.0 : Windows versi 2.0 diperkenalkan. MINIX : Andrew S. Tanenbaum mengembangkan Minix, sistem operasi berbasis Unix yang ditujukan untuk pendidikan. MINIX nantinya menginspirasi pembuatan Linux.
  • 27. Perkembangan Sistem Operasi dan Browser Dari Tahun ke Tahun 1988 MS DOS 4.0 : Microsoft mengeluarkan MS DOS 4.0 dengan suasana grafis. WWW : Proposal World Wide Web (WWW) oleh Tim Berners Lee.
  • 28. Perkembangan Sistem Operasi dan Browser Dari Tahun ke Tahun 1989 NetWare/386 (juga dikenal sebagai versi 3) diluncurkan oleh Novell untuk prosesor Intel 80386.
  • 29. Perkembangan Sistem Operasi dan Browser Dari Tahun ke Tahun 1990 Perpisahan : Dua perusahaan raksasa berpisah, IBM berjalan dengan OS/2 dan Microsoft berkonsentrasi pada Windows. Windows 3.0 : Microsoft meluncurkan Windows versi 3.0 yang mendapat sambutan cukup baik. MS Office : Microsoft membundel Word, Excel, dan PowerPoint untuk menyingkirkan saingannya seperti Lotus 1 2 3, Wordstar, Word Perfect dan Quattro. DR DOS : Digital Research memperkenalkan DR DOS 5.0.
  • 30. Perkembangan Sistem Operasi dan Browser Dari Tahun ke Tahun 1991 Linux 0.01 : Mahasiswa Helsinki bernama Linus Torvalds mengembangkan OS berbasis Unix dari sistem operasi Minix yang diberi nama Linux. MS DOS 5.0 : Microsoft meluncurkan MS DOS 5.0 dengan penambahan fasilitas full -screen editor, undelete, unformat dan Qbasic.
  • 31. Perkembangan Sistem Operasi dan Browser Dari Tahun ke Tahun 1992 Windows 3.1 : Microsoft meluncurkan Windows 3.1 dan kemudian Windows for Workgroups 3.11 di tahun berikutnya. 386 BSD : OS berbasis Open Source turunan dari BSD Unix didistribusikan oleh Bill Jolitz setelah meninggalkan Berkeley Software Design, Inc (BSDI). 386 BSD nantinya menjadi induk dari proyek Open Source BSD lainnya, seperti NetBSD, FreeBSD, dan OpenBSD. Distro Linux : Linux didistribusikan dalam format distro yang merupakan gabungan dari OS plus program aplikasi. Distro pertama Linux dikenal sebagai SLS (Softlanding Linux System).
  • 32. Perkembangan Sistem Operasi dan Browser Dari Tahun ke Tahun 1993 Windows NT : Microsoft meluncurkan Windows NT, OS pertama berbasis grafis tanpa DOS didalamnya yang direncanakan untuk server jaringan. Web Browser : NCSA memperkenalkan rilis pertama Mosaic, browser web untuk Internet. MS DOS 6.0 : Microsoft memperkenalkan MS DOS 6.0 Upgrade, yang mencakup program kompresi harddisk DoubleSpace. Slackware : Patrick Volkerding mendistribusikan Slackware Linux yang menjadi distro populer pertama di kalangan pengguna Linux.
  • 33. Perkembangan Sistem Operasi dan Browser Dari Tahun ke Tahun 1993 Debian : Ian Murdock dari Free Software Foundation (FSF) membuat OS berbasis Linux dengan nama Debian. MS DOS 6.2 : Microsoft meluncurkan MS DOS 6.2. NetBSD : Proyek baru OS berbasis Open Source yang dikembangkan dari 386BSD dibuat dengan menggunakan nama NetBSD. FreeBSD : Menyusul NetBSD, satu lagi proyek yang juga dikembangkan dari 386BSD dibuat dengan nama FreeBSD.
  • 34. Perkembangan Sistem Operasi dan Browser Dari Tahun ke Tahun 1994 Netscape : Internet meraih popularitas besar saat Netscape memperkenalkan Navigator sebagai browser Internet. MS DOS 6.22 : Microsoft meluncurkan MS DOS 6.22 dengan program kompresi bernama DriveSpace. Ini merupakan versi terakhir dari MS DOS. FreeDOS : Jim Hall, mahasiswa dari Universitas Wisconsin River Falls Development mengembangkan FreeDOS. FreeDOS dibuat setelah Microsoft berniat menghentikan dukungannya untuk DOS dan menggantikannya dengan Windows 95.
  • 35. Perkembangan Sistem Operasi dan Browser Dari Tahun ke Tahun 1994 SuSE : OS Linux versi Jerman dikembangkan oleh Software und System Entwicklung GmbH (SuSE) dan dibuat dari distro Linux pertama, SLS. Red Hat : Marc Ewing memulai pembuatan distro Red Hat Linux.
  • 36. Perkembangan Sistem Operasi dan Browser Dari Tahun ke Tahun 1995 Windows 95 : Microsoft meluncurkan Windows 95 dengan lagu Start Me Up dari Rolling Stones dan terjual lebih dari 1 juta salinan dalam waktu 4 hari. PC DOS 7 : IBM memperkenalkan PC DOS 7 yang terintegrasi dengan program populer pengkompres data Stacker dari Stac Electronics. Ini merupakan versi terakhir dari IBM PC DOS.
  • 37. Perkembangan Sistem Operasi dan Browser Dari Tahun ke Tahun 1995 Windows CE : Versi pertama Windows CE diperkenalkan ke publik. PalmOS : Palm menjadi populer dengan PalmOS untuk PDA. OpenBSD : Theo de Raadt pencetus NetBSD mengembangkan OpenBSD.
  • 38. Perkembangan Sistem Operasi dan Browser Dari Tahun ke Tahun 1996 Windows NT 4.0 : Microsoft meluncurkan Windows NT versi 4.0
  • 39. Perkembangan Sistem Operasi dan Browser Dari Tahun ke Tahun 1997 Mac OS : Untuk pertama kalinya Apple memperkenalkan penggunaan nama Mac OS pada Mac OS 7.6.
  • 40. Perkembangan Sistem Operasi dan Browser Dari Tahun ke Tahun 1998 Windows 98 : Web browser Internet Explorer menjadi bagian penting dari Windows 98 dan berhasil menumbangkan dominasi Netscape Navigator. Server Linux : Linux mendapat dukungan dari banyak perusahaan besar, seperti IBM, Sun Microsystem dan Hewlet Packard. Server berbasis Linux mulai banyak dipergunakan menggantikan server berbasis Windows NT.
  • 41. Perkembangan Sistem Operasi dan Browser Dari Tahun ke Tahun 1998 Google : Search Engine terbaik hadir di Internet dan diketahui menggunakan Linux sebagai servernya. Japan Goes Linux : TurboLinux diluncurkan di Jepang dan segera menjadi OS favorit di Asia, khususnya di Jepang, China dan Korea. Mandrake : Gael Duval dari Brazil mengembangkan distro Mandrake yang diturunkan dari Red Hat.
  • 42. Perkembangan Sistem Operasi dan Browser Dari Tahun ke Tahun 1999 Support : Hewlett Packard mengumumkan layanan 24/7 untuk distro Caldera, Turbo Linux, Red Hat dan SuSE. Corel Linux : Corel pembuat program Corel Draw, yang sebelumnya telah menyediakan Word Perfect versi Linux, ikut membuat OS berbasis Linux dengan nama Corel Linux dan yang nantinya beralih nama menjadi Xandros.
  • 43. Perkembangan Sistem Operasi dan Browser Dari Tahun ke Tahun 2000 Mac OS/X : Mac OS diganti dengan mesin berbasis BSD Unix dengan kernel yang disebut sebagai Mac OS/X. Windows 2000: Microsoft meluncurkan Windows 2000 sebagai penerus Windows NT. Windows Me : Microsoft meluncurkan Windows Me, versi terakhir dari Windows 95.
  • 44. Perkembangan Sistem Operasi dan Browser Dari Tahun ke Tahun 2000 China Goes Linux : Red Flag Linux diluncurkan dari Republik Rakyat China. Microsoft vs IBM : CEO Microsoft Steve Ballmer menyebut Linux sebagai kanker dalam sebuah interview dengan Chicago Sun Times. Di lain pihak, CEO IBM Louis Gartsner menyatakan dukungan pada Linux dengan menginvestasikan $ 1 milyar untuk pengembangan Linux.
  • 45. Tugas Kelompok: Cari bahasan perkembangan sistem operasi dan browser setelah tahun 2000 sampai sekarang! (Ingat!!! Yang sudah dirilis, bukan yang masih konsep) Buat dalam bentuk power point dikirim ke email [email_address] dengan subject TugasOS1_nama kelas_nama kelompok. Paling cepat dikirim dan benar datanya, paling besar nilainya.
  • 46. Tugas Kelompok: Jelaskan perbedaan sistem operasi berbasis teks (CLI) dan berbasis grafis (GUI) dan berikan contohnya masing masing minimal 3, lengkap dengan edisinya! Cari bahasan langkah instalasi sistem operasi berbasis CLI dan GUI dilengkapi gambar proses langkah-langkahnya Buat dalam bentuk power point dikirim ke email [email_address] dengan subject TugasOS2_nama kelas_nama kelompok. Paling cepat dikirim dan benar datanya, paling besar nilainya.
  • 47. Tugas Kelompok (PR): Cari bahasan lengkap tentang sistem operasi berikut dari mulai sejarah dan karakteristiknya: Windows (desktop OS) Linux (desktop OS) Apple OS (all OS, untuk desktop, tablet dan smartphone) Windows Mobile/Phone (mobile OS) Symbian (mobile OS) Android (mobile OS) 1 kelompok pilih 1 bahasan, supaya adil diundi. Buat dalam bentuk power point, pertemuan berikutnya dipresentasikan.
  • 48. Pertanyaan Jelaskan pengertian Sistem Operasi Berikan contoh SO yang multi user dan multi tasking Apa maksud single user – multi tasking, apa contoh sistem operasinya Apa 3 komponen utama sistem operasi Apa yang dimaksud dengan kernel Jelaskan tentang user interface Sebutkan Sistem Operasi Generasi Pertama dan Penting Menurut Sejarah Sebutkan Sistem Operasi Milik Microsoft Sebutkan Sistem Operasi Open Source

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More